Annapolis Buktikan Politik “Serba-Tolak” Israel

Konferensi Annapolis yang digagas Amerika Serikat (AS) pada 27 September 2007 waktu setempat akhirnya menghasilkan sebuah “kesepahaman tertulis”. Kesepahaman itu tidak menyatakan komitmen publik apa pun terkait isu-isu kunci, terkecuali membuktikan politik “serba-tolak” (rejectionism) Israel selama ini.

1. Kerangka Waktu

Kesepahaman yang dibacakan Presiden AS, George W. Bush, tidak memasukkan suatu kerangka waktu yang mengikat, sebagaimana yang dituntut pihak Palestina dalam rangka pembicaraan mengenai “Negara Palestina” atau kesepakatan yang lebih konkret di masa depan.

Pihak Palestina, yang diwakili Mahmoud Abbas, hanya menerima janji dari Perdana Menteri Ehud Olmert, bahwa Israel akan mengupayakan adanya kesepakatan sebelum berakhirnya tahun 2008.

2. Pemukiman Yahudi

Meskipun Palestina menyatakan bahwa pihaknya menginginkan pembekuan aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan, Israel menolak sebuah komitmen publik mengenai hal itu.

Dalam sambutannya, bahkan Olmert sama sekali tidak menyebutkan kata “pemukiman”, yang menurut Palestina adalah aktivitas ilegal terkait lusinan resolusi PBB.

3. Yerusalem

Olmert memandang tidak penting permintaan Palestina untuk menyatakan dalam kesepahaman itu bahwa Yerusalem Timur, yang diduduki Israel dalam Perang 1967, adalah ibukota Negara Palestina di masa yang akan datang. Bahkan Bush dalam sambutannya sama sekali tidak menyinggung masa depan Yerusalem Timur sebagai isu kunci konflik Israel-Palestina.

4. Komite Tiga Pihak

Israel menolak proposal Palestina untuk membentuk komite keamanan tiga pihak (AS, Israel, Palestina). Israel hanya menerima sesuatu yang sedikit lebih informal daripada “komite”, yakni “mekanisme tiga pihak”, dengan AS sebagai wasitnya.

5. Negara Yahudi

Olmert tidak mendapatkan komitmen publik dari Abbas untuk mengakui Israel sebagai negara Yahudi. namun, Bush mengatakan, “AS akan tetap menjaga komitmennya kepada keamanan Israel sebagai sebuah negara Yahudi.”[source: reuters]

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: