Cheney: Hugo Chavez Presiden Peru!

Dalam sebuah pidato di Dallas (2/11/07), seorang reporter bertanya kepada Wakil Presiden Dick Cheney mengenai pandangannya terhadap Presiden Venezuela Hugo Chavez. Cheney menjawab bahwa rakyat Peru “berhak mendapatkan” pemimpin yang lebih baik:

MODERATOR: “Perhatian kita terpusat kepada Irak, Iran, dan Timur Tengah. Bagaimanapun, banyak kalangan di dunia ini memperhatikan Hugo Chavez dari Venezuela secara seksama. Seberapa besar perhatian anda kepada pengaruhnya (Chavez)?”

CHENEY: “Kita— saya berupaya untuk memikirkan bagaimana menyatakan hal ini secara diplomatis.”

(TERTAWA)

“Diplomasi kadang sangat sulit.”

(TERTAWA)

“Kita menghindari membuat pernyataan publik tentang Tuan Chavez—menurut saya, karena alasan yang bagus dan sah. Dia (Chavez) jelas seseorang yang mempunyai agendanya sendiri. Dan dia banyak menghabiskan waktunya mengkhawatirkan kita dan mengkritik Amerika Serikat.”

“Pendapat pribadi saya adalah bahwa dia tidak merepresentasikan masa depan Amerika Latin. Dan rakyat Peru (sakit!), menurut saya, berhak mendapatkan pemimpin yang lebih baik. Namun, ini jelas sebuah persoalan yang harus mereka selesaikan sendiri.”

Sebagai catatan, Presiden Peru saat itu adalah Alan Garcia. Sepertinya rakyat AS berhak mendapatkan pemimpin yang jauh lebih baik.

 

Setelah Cheney mengklaim Presiden Venezuela Hugo Chavez adalah presiden Peru, Chavez “mencemooh” Cheney, seraya mengatakan bahwa pernyataan itu menunjukkan Amerika Serikat diperintah oleh “sekelompok orang yang bodoh lagi kuper”:

“Wakil presiden Amerika Serikat berbicara mengenai kami tetapi dia membuat sebuah kesalahan,” kata Chavez tertawa. “Karena mereka yang memerintah Amerika Serikat adalah sekelompok orang yang bodoh lagi kuper…dia berpikir bahwa saya adalah presiden Peru.”

“Mereka tidak tahu di mana Venezuela berada, dan mereka pun tidak tahu dimana Peru berada,” kata Chavez kepada khalayak. [http://www.chron.com/disp/story.mpl/ap/tx/5280997.html]

 


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: